2 Kantor Bank di Bandung Ini Adalah Warisan Cagar Budaya



Bandung, Beritainspiratif.com - Ada dua kantor bank ternama di Bandung yang telah ditetapkan sebagai warisan cagar budaya (heritage).

Pertama adalah Bank Indonesia Bandung terletak di Jl.Braga 108 Bandung, awalnya merupakan kantor cabang De Javasche Bank (DJB) ke-15, dibangun Pemerintah Hindia Belanda (1899-1902) dengan perancang biro arsitek Hulswit, Fermont dan Edward Cuypers.

Pembangunan berlangsung selama tiga tahun sejak 1915 hingga 1918,

dan diresmikan sebagai Cagar Budaya dan Memorabilia Senin (26/5/2014) berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandung No.19 lampiran No.18 tanggal 7 Agustus 2009.

Kedua, Gedung Bank BJB Cabang Utama Bandung Jl. Naripan No.12-14 Bandung, dulu bernama De Eerste Nederlandsch Indische Spaarkas (Denis) hasil karya arsitek Albert Frederik Aalbers, gedung ini merekam jejak perjuangan pemuda Bandung untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, yang merupakan cagar budaya.

Cerita itu adalah tentang perobekan bendera triwarna Belanda di depan Gedung Denis, sejarah tersebut lalu ditulis oleh dua wartawan bernama Enton Supriyatna dan Efrie Christianto dalam bukunya berjudul Merah Putih di Gedung Denis: Catatan Tercecer di Awal Kemerdekaan, dan menceritakan kembali kisah penting Gedung Denis dalam rangkaian sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Cerita tersebut adalah usai kemerdekaan RI 17/8/1945, maka pada Oktober 1945 terjadilah peristiwa Berkibarnya bendera triwarna Belanda di gedung N.V DENIS, lalu gedung DENIS dijaga ketat oelh tentara sekutu dengan senjata lengkap.

Dau pemuda Karmas dan Mulyono menaiki gedung dan merobek warna biru dari bendera belanda tersebut. Maka berkibarlah bendera merah putih dan seruan “Merdeka” terdengar di halaman gedung DENIS.

Selanjutnya pada 24/3/1946 perobekan bendera triwarna di gedung DENIS jadi awal perjuangan revolusioner sebelum peristiwa Bandung Lautan Api.

Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus mendatang, Direktur Utama Bank BJB, Ahmad Irfan, mengajak masyarakat untuk bersama ikut menghargai jasa pendahulu dengan cara mengisi hari kemerdekaan dengan kegiatan positif dan bermanfaat, yang dilansir kumparan.com

Untuk menghormati perjuangan para pahlawan Indonesia di masa lalu, Bank BJB rutin memberikan bantuan kepada 500 veteran perang melalui program corporate social responsibility. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk santunan dan renovasi rumah.

Yanis

Berita Terkait