2 Hari Jelang Pemberlakuan, Pemkot Bandung Gelar Simulasi PSBB



Bandung, Beritainspiratif.com - Pemerintah Kota Bandung siap melaksanakan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) Bandung Raya pada Rabu (22/4/2020) mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Bandung Oded M Danial usai menggelar simulasi PSBB di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Senin (20/4/2020).

Oded menjelaskan, pihaknya optimis mampu menjalankan PSBB dengan lancar dan baik guna memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Bandung.

"Paparan simulasi hari ini saya sangat optimis, mudah-mudahan pelaksanaan PSBB Kota Bandung bisa terlaksana dengan baik,"ucapnya.

Dalam simulasi tersebut, Oded menjelaskan, tata cara dan aturan yang akan diberlakukan saat PSBB di Kota Bandung. Di antaranya yakni teknis penjagaan perbatasan kota, sosialisasi physical distancing, penanganan saat ada yang terpapar Covid-19, serta penanganan masyarakat yang tidak menghiraukan imbauan untuk physical distancing.

Dalam simulasi tersebut, juga dipaparkan terkait bagaimana penjagaan 19 check point yang terbagi menjadi tiga ring. Yakni ring satu di daerah pusat kota, ring dua di gerbang tol dan ring tiga adalah perbatasan kota dengan daerah lain.

"Akan ada titik-titik posko gabungan TNI Polri dan Satpol PP Kota Bandung,"ucapnya.

Selain itu, di posko tersebut juga akan diisi oleh petugas keamanan yang terdiri dari dokter dan perawat untuk penanganan secara medis.

Nantinya, di setiap check point tersebut akan dilengkapi dengan termogun dan hand sanitizer untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Dengan persiapan ini, Gugus Tugas Penangan Covid-19 Kota Bandung hanya tinggal mematangkan beberapa teknis untuk pelaksanaan PSBB.

"Melihat ini, masyarakat diharapkan sadar, disiplin agar kita bisa selesaikan masalah Covid-19 di Kota Bandung," jelasnya.

(Mugni)

Berita Terkait