2.000 Hadirin Minum Sirup Jeruk Kalamansi Catatkan Rekor MURI Peserta Terbanyak



Bengkulu, Beritainspiratif.com - Peresmian Gedung Dekranasda Provinsi Bengkulu dimeriahkan dengan Festival Kuliner Berbahan Pangan Lokal. 2.000 sirup jeruk kalamansi dalam kemasan botol maupun gelas diminum secara bersama-sama oleh tamu hadirin yang datang.

Jeruk kalamansi yang juga disebut limau kesturi dari Tiongkok dengan rasa asam dan berbau harum memiliki kulit dengan permukaan halus dan berpori minyak. Berwarna hijau kekuningan ketika telah masak, jeruk kalamansi berdiameter 3–4 cm yang dicanangkan sebagai produk unggulan di Bengkulu karena tingginya daya jual dan cepatnya masa panen.

Hasil jeruk kalamansi yang melimpah kemudian dibudidayakan dan diproduksi menjadi olahan berupa "Sirup Kalamansi" sebagai pilihan buah tangan khas dari Bengkulu, bahkan destinasi wisata dengan diresmikannya Kampung Digital Wisata Kalamansi.

diungkap dari laman MURI, Minggu, (18/11/2018), Penanaman secara massal di pekarangan penduduk merupakan respons masyarakat Bengkulu atas pencanangan gerakan "Satu Desa Satu Produk" oleh Wakil Presiden Boediono pada 14 November 2009 silam yang diharapkan bisa terangkat dengan program satu desa satu produk, baik kerajinan tangan maupun agroindustri.

Minum sirup jeruk kalamansi dengan peserta terbanyak ini dicatat dalam Rekor MURI Nomor 8742, dengan Rekoris Pemerintah Provinsi Bengkulu pada 17 November 2018.

(Yanis)

Berita Terkait