10 Tahun Semangat Kemanusiaan di Puri Cipageran Cimahi Terjaga

Beritainspiratif.com – Bertempat di Balai RW 24 Puri Cipageran Kota Cimahi dilaksanakan kegiatan sosial kemanusiaan yaitu Donor Darah rutin yang dilakukan oleh Yayasan Ar Rahman, Pengurus RW 24 dan DKM Ar Rahman, berlangsung Minggu, (12/1/2020).

Turut hadir dan ikut mendonorkan darah Lurah Cipageran Agus Irwan Kustiawan, yang menyampaikan apresiasinya dengan terselenggaranya kegiatan positif warga secara rutin dan diikuti berbagai kalangan termasuk generasi muda.

Menurut Ketua Yayasan Ar-Rahman Wawan Ruswanda Anadi, kegiatan social kemanusiaan ini sudah berlangsung lebih dari 10 tahun. Dan berjalan rutin setiap setiap 3 bulan sekali. Selain kegiatan sosial   Donor Darah, juga ada Pengobatan Gratis dan Chek Gula Darah dilaksanakan setiap 6 bulan sekali bagi komplek Puri Cipageran dan warga sekitarnya.

Dari setiap event biasanya ada sekitar 70 hingga 80 pendaftar dan yang dapat diambil darahnya sekitar 50 hingga 70 pendonor.

Kegiatan social kemanusiaan ini merupakan hasil kerjasama dengan Dinas PMI UPTD RS Cibabat, Dinas Kesehatan Cimahi, Prodia Lab Cimahi dan para sponsor lainnya.

Sementara itu, Eki Baihaki, mantan Ketua RW 24 yang saat ini   sebagai Pembina Yayasan Ar-Rahman, mengajak kepada semua kalangan untuk turut mendonorkan darah bagi kemanusiaan.

Eki yang  telah mendonorkan darahnya sebanyak 69 kali ini, menyampaikan  banyak manfaat yang didapat bagi jiwa dan raga setelah melakukan donor darah,  termasuk obat Stress dan menghadirkan energy positif, ungkapnya.

Merujuk Palang Merah Amerika (American Red Cross), satu pendonor darah setidaknya dapat menyelamatkan tiga jiwa. Bagi orang yang kecelakaan, transplantasi organ, dan bagi penderita penyakit tertentu.

Donor darah tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tetapi juga mental. Diantara manfaatnya dari berbagai sumber adalah sebagai berikut :

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan. Menyumbangkan sekitar 350 mili liter darah, selanjutnya akan terjadi proses pembakaran sekitar 650 kalori. Jumlah tersebut sudah cukup memadai untuk mengurangi berat badan.
  2. Menurunkan Risiko Kanker Donor darah dapat mengurangi risiko kanker apabila Anda rajin melakukannya. Seperti dirangkum dari Medical News Today, donor darah akan menurunkan kadarzat besi. Apabila kadar zat besi terlalu tinggi, maka akan berisiko terkena kanker seperti kanker hati, usus besar, paru-paru, kerongkongan, dan perut. Donor darah sangat diperlukan guna mengontrol kadar zat besi.
  3. Menjaga Kesehatan Jantung dan Menurunkan Kolesterol. Donor darah bermanfaat bagi kesehatan jantung karena dapat mengurangi kelebihan kadar zat besi dalam darah. Kelebihan zat besi dalam darah akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan menyebabkan oksidasi kolesterol.
    Produksi oksidasi yang akan menumpuk pada dinding arteri dan sangat berpotensi memicu serangan jantung dan stroke. Apabila Anda mendonorkan darah, maka kadar zat besi dalam darah akan stabil, sehingga terhindar dari penyakit jantung dan stroke.
  4. Menghilangkan Stres. Mendonorkan darah adalah kegiatan mulia. Dan sangat dibutuhkan bagi yang memerlukan bahkan wasilah yang dapat menyelamatkan nyawa manusia dan orang yang sedang sakit. Akan menumbuhkan rasa kebermaknaan dan kemanfaatan diri terhadap sesama. Selanjutnya menyehatkan dan memperkuat mental mental positif.
  5. Memiliki Energi Positif. Donor darah dapat membangkitkan energy positif bagi setiap pendonornya. Biasanya akan muncul perasaan senang dan gembira setelah membantu sesame bahkan terkait nyawa seseorang. Bagi yang merasa sehat hayu jangan ragu donorkan darah, bagi kemanusiaan juga bagi kesehatan diri kita.
Donor ke-69 dari Eki Baihaki untuk kemanusiaan

Yanis

Bagikan: