1.076 Ponpes Lolos Seleksi Tahap I Program OPOP



Bandung, Beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum, menyerahkan hadiah kepada pondok pesantren (ponpes) juara One Pesantren One Product (OPOP) dalam acara Temu Bisnis OPOP di The Trans Luxury Kota Bandung, Selasa (3/9/2019).

Dalam acara tersebut, ada 1.076 ponpes yang menjadi peserta OPOP tahap I sekaligus menerima hadiah dari Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar. Hadiahnya berbentuk temu bisnis, pelatihan dan pemagangan, bantuan penguatan modal usaha, pendampingan usaha, dan promosi produk melalui pamaren.

"Ini adalah mimpi yang panjang. Ada seribu lebih pesantren yang tengah didampingi untuk mendirikan usaha mandiri dalam setahun ini," kata Emil.

OPOP sendiri merupakan program pemerataan pembangunan yang digagas Pemdaprov Jabar. Tujuannya adalah membangun kemandirian pesantren melalui pemberdayaan ekonomi, dengan membantu pesantren memilih komoditi. Kemudian, memberi pelatihan, magang, dan pendampingan produksi, pemasaran, serta keuangan.

"Selama ini pesantren mau berwirausaha, tapi ada yang tidak tau mau jual apa, modalnya dari mana, jualnya kemana," katanya. "Oleh karena itu, lewat OPOP kita mendorong pesantren. kita memberi modal, mencari pembelinya juga. Mereka juga harus menguasai digitalisasi, karena saat ini serba digital, termasuk dalam pemasaran," tambah Emil.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Kusmana Hartadji menuturkan sebagian besar ponpes di Jabar belum mampu mandiri secara ekonomi, untuk membiayai kebutuhan operasional maupun pengembangan sarana dan prasarana pesantren.

Ia berharap melalui OPOP, ponpes dapat memasarkan produknya tidak hanta untuk memenuhi kebutuhan lokal tapi juga pasar luar negeri. Karena itu, pihaknya akan melibatkan sekitar 40 off-takers untuk berkolaborasi dalam program tersebut.

"Pa Gubernur, Pa Wagub juga hadir untuk memotivasi agar ekonomi umat meningkat," kata Kusmana. (Ida)

Berita Terkait