Dekatkan Perguruan Tinggi dengan Dunia Usaha, SBM ITB Adakan Kompetisi Bisnis (KBMK) 2019

Bandung, Beritainspiratif.com – Dari hasil riset dan pengembangan jaringan forum komunikasi kemahasiswaan nasional (forkommawa), sejumlah lomba bidang ilmu bisnis dan manajemen di Indonesia yang berafiliasi dengan perusahaan multinasional seperti dengan L’oreal Brandstorm, Nielsen Challenges, CFA Investment Research Challenge, dan HSBC-McKinsey Business Case Competition masih terbatas. Dimana kegiatan tersebut merupakan salah satu satu strategi rekrutmen Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan mereka. 

Terkait dengan hal tersebut, Kemenristek Dikti bersama dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) mengadakan Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK), pada 12 – 13 September 2019 dengan tema, “Mendorong Kemajuan Ekosistem Dunia Usaha dengan Inovasi dalam Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan yang Menguatkan Identitas Tanah Air dan Memanfaatkan Teknologi Bagi Sebesarnya Kesejahteraan Bangsa”.

“Kegiatan ini untuk lebih mendekatkan perguruan tinggi pada dunia usaha, asosiasi profesi dan membantu proses akreditasi internasional perguruan tinggi yang selama ini belum tersentuh pada kompetisi mahasiswa Kemenristekdikti, yakni bidang bisnis dan manajemen” ujar Direktur Kemahasiswaan SBM ITB Sonny Rustiadi, Ph.D di SBM ITB Jumat (13/09/2019), dari Rilis yang diterima Beritainspiratif.com, Jum’at, (13/9/2019).

Menurut Sonny, program studi bidang ilmu bisnis-manajemen di perguruan tinggi jumlahnya sangat banyak. Bahkan, melebihi program studi bidang ilmu sains-teknologi. “di sejumlah proses akreditasi internasional untuk bidang ilmu bisnis-manajemen, menekankan pentingnya (program) perlombaan mahasiswa yang terkait dengan asosiasi profesi” tegasnya.

Lebih jauh Sonny mengatakan, rangkaian perlombaan pada pagelaran ini dilakukan melalui proses adaptasi berbagai lomba bidang bisnis dan manajemen internasional dan bekerjasama dengan praktisi dan asosiasi profesi terkait. Dimana ada empat kategori perlombaan yakni, kompetisi bidang perencanaan bisnis dengan aspek pemanfaatan teknologi, kompetisi analisis kasus bidang pemasaran, kompetisi bidang riset investasi, dan kompetisi keuangan bidang audit investigatif.  

“Saya berharap, Program Kompetisi Mahasiswa Nasional bidang ilmu bisnis, manajemen dan keuangan ini dapat menjadi alternatif tambahan baru pada agenda lomba kemahasiswaan tingkat nasional Kemenristekdikti dalam kerangka mencapai tujuan eratnya kerjasama antara Akademisi, Bisnis dan Pemerintahan” pungkasnya.

Yanis

Bagikan: