Tips Sehat Nonton Piala Dunia 2018



Jakarta, Beritainspiratif.com - Istirahat sangatlah penting untuk mengembalikan stamina dan energi tubuh, apalagi bila anda nonton Piala Dunia setiap malam.

Jika Anda tak menyediakan waktu yang cukup untuk beristirahat, bukan tak mungkin badan lemas akan terjadi kemudian.

Meski terkesan sepele, nyatanya badan lemas tetap bisa mengganggu aktivitas hingga menurunkan kualitas hidup Anda.

Selain kurang istirahat, dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter menjelaskan bahwa keluhan tersebut juga dapat terjadi akibat faktor-faktor berikut:

1. Waktu tidur

Kurang tidur atau terlalu banyak tidur sama-sama dapat menyebabkan badan lemas. Menurut ahli, durasi tidur yang paling ideal untuk orang kebanyakan adalah 8 jam dalam sehari, sesuai dengan usia dan kondisi biologis yang ada.

2. Konsumsi sehari-hari

Mengonsumsi kafein dan gula dapat menjadi bumerang bagi kesehatan. Ini karena  keduanya dapat membuat Anda semakin mudah lelah dan lemas. Bahkan bila dikonsumsi berlebihan, kafein dan gula bisa mendatangkan segudang efek negatif bagi kesehatan.

3. Aktivitas fisik

Kekurangan maupun kelebihan melakukan aktivitas fisik atau olahraga dapat menyebabkan tubuh kelelahan, hingga akhirnya memicu munculnya badan lemas.

Tiga kondisi di atas bakal sangat erat kaitannya dengan kegiatan nonton Piala Dunia setiap malam.

Pertama, Anda mungkin akan menenggak bercangkir-cangkir kopi hanya untuk terjaga hingga pertandingan benar-benar usai. Hal ini membuat Anda kesulitan tidur, sehingga waktu istirahat menjadi berkurang. Kemudian, Anda akan terbangun dalam keadaan lemas, sehingga enggan melakukan aktivitas fisik.

Apa solusinya?

Cara mengatasi badan lemas tergolong mudah, yakni dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Berdasarkan anjuran dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, sambil istirahat usai nonton Piala Dunia, Anda dapat mengonsumsi sederet makanan berikut:

1. Semangkuk oatmeal hangat

Oatmeal merupakan sumber energi yang baik, karena kaya vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain praktis, makanan sehat ini juga mengandung uap panas yang dapat melegakan saluran pernapasan Anda.

2. Buah-buahan

Badan lemas juga dapat disebabkan oleh kekurangan cairan. Selain minum air putih, buah juga dapat Anda pilih untuk memperbaiki kondisi ini. Beberapa jenis buah yang banyak mengandung cairan adalah semangka dan melon.

3. Makanan manis

Badan lemas bisa terjadi akibat kadar gula di dalam tubuh terlalu rendah. Untuk mengatasi ini, Anda bisa mengonsumsi makanan manis dengan kandungan gula murni yang tinggi, seperti teh manis. Batasi pula konsumsinya, apalagi bila Anda adalah seorang penyandang diabetes.

4. Ikan

Ikan adalah sumber makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Selain dapat mengatasi keluhan badan lemas, mengonsumsi ikan juga dapat menunjang pertumbuhan otot bagi Anda yang gemar berolahraga.

Selain kombinasi makanan di atas, pola makan yang baik juga perlu diterapkan untuk mengatasi kelelahan dan badan lemas.

“Makanlah tiga kali sehari, ditambah dua kali camilan sehat. Jangan lupakan juga sarapan di pagi hari,” ujar dr. Sepri Trimurtini Limbong dari KlikDokter.

Nonton Piala Dunia memang boleh-boleh saja. Namun Anda harus tetap memerhatikan kondisi kesehatan diri, dan berusaha sebaik mungkin agar tidak mengalami badan lemas di kemudian hari. Salam sehat!

(Kaka)

Ilustrasi: M8WIN

Berita Terkait