Terkait Sesar Lembang, Kabid Penanggulangan Bencana Diskar-PB Kota Bandung: Living Harmony With Disaster

Bandung, Beritainspiratif.com – Masyarakat Kota Bandung dihimbau agar tidak terlalu panik menyikapi potensi bencana yang mungkin terjadi disebabkan lempeng bumi aktif sesar Lembang.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Penanggulangan Bencana Diskar-PB Kota Bandung, Sihar Pandapotan Sitinjak, pada acara ‘Bandung Menjawab’, di Taman Sejarah Wirantakusumah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (11/10/2018).

“Potensi bencana mungkin saja ada, tidak hanya di Bandung, di berbagai tempat dimana pun bencana bisa saja terjadi, tapi intinya kita harus living harmony with disaster,” katanya.

Lebih lanjut Sahir menjelaskan, yang dimaksud akrab dengan bencana bukan berarti tidak melakukan apa-apa, justru harus bersiap siaga sebelum terjadinya bencana agar tidak terlalu panik.

“Tidak berlebihan kiranya kalau kita menyiapkan satu tas berisi kebutuhan hidup untuk survive untuk beberapa hari, dokumen-dokumen penting, barang berharga, agar nanti jika itu (bencana) terjadi, kita sudah antisipasi,” jelasnya.

Menurut Sahri, hal tersebut penting dilakukan mengingat saat terjadi kepanikan orang sangat sulit berpikir logis. “Menurut riset, kalau lagi panik orang itu pikiran logisnya hanya tersisa 20% karena dia panik,” jelasnya. (Tito)

Bagikan: