Rekor MURI Pemeriksaan Kesehatan Kucing Jumlah Terbanyak



Bandung, Beritainspiratif.com – Panitia Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-56 tahun, dengan bekerja sama dengan Perkumpulan Kucing Domestik Indonesia Chapter Malang, Cat Lovers se-Malang Raya, dan PT Royal Canin Indonesia menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan kesehatan yang melibatkan 456 ekor kucing.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kampus Universitas Kedokteran Hewan Brawijaya, Malang, pada Sabtu, (20/10/2018) yang dikutip dari laman Rekor MURI.

Kegiatan ini dilakukan karena populasi kucing yang cukup tinggi di Malang hingga program "Deworming" ini diharapkan dapat meminimalisir resiko penyakit hewan dan penularan penyakit dari hewan ke manusia.

Pemeriksaan kesehatan kucing memberikan edukasi kepada pencinta hewan akan pentingnya menjaga kesehatan hewan peliharaan serta memberikan terapi obat cacing pada kucing sebagai upaya pemberantasan penyakit helminthiasis pada kucing dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan kucing ini berhasil mencatatkan rekor MURI nomor 8692 dengan jumlah terbanyak melibatkan 456 ekor kucing, dengan rekoris Universitas Brawijaya Malang dan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Indonesia dan melibatkan 36 dokter hewan dari RSH UB.

Panitia penyelenggara, drh. Ahmad Fauzi mengatakan pemecahan rekor ini merupakan cara untuk mengedukasi pada pemilik kucing tentang pentingnya pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat cacing.

Ia mengatakan pada kesempatan ini, pihaknya juga ini memaksimalkan peran dokter hewan dalam menyejahterakan manusia melalui kesehatan hewan.

"Cara menjaga kesehatan kucing ini tentu dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan," katanya.

Fauzi menambahkan selakin melakukan pengobatan dan pemeriksaan, pihaknya juga menyosialisasikan berbagai tips mejaga kesehatan kucing, serta jenis-jenis penyakit kucing dan penanganannya. Penyakit kucing yang disosialisasikan salah satunya hemintiatiasis.     (Yanis)

Berita Terkait