Pemprov Jabar Bentuk Designer Forum untuk Tingkatkan Nilai Tambah Pelaku UKM

Bandung, Beritainspiratif.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam 3 bulan ke depan berkomitmen membentuk designer forum. Hal tersebut diungkapkan Ridwan Kamil saat menghadiri pertemuan bersama Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia, Senin (8/10/2018), di Gedung Sate, Jalan Diponegoro Kota Bandung.

Designer forum ini nantinya bertugas membina usaha kecil menengah (UKM) dalam bagian pengemasan produk.

“Designer forum ini kumpulan para designer designer untuk menasehati UKM agar UKM jangan asal bikin kemasan, serta ikut andil dalam meningkatkan nilai tambah berupa estetika kemasan itu tadi,” jelas pria yang kerap disapa Kang Emil

Dirinya mencontohkan harga sebuah kopi yang dijual di mall dengan kemasan yang menarik dan merek terkenal akan lebih mahal daripada kopi tubruk yang kemasannya biasa saja.

“Contoh kopi tubruk yang harganya Rp5.000 kalau dijualnya di Starbuck harganya naik di Rp50.000 jadi jaraknya sangat jauh sekali padahal bisa jadi biji kopinya sama,”katanya.

Selain itu ia, juga mencontohkan berubahnya harga keripik ubi Cilembu yang awalnya harga Rp5.000 kemudian didesain ulang kemasannya harganya menjadi Rp10.000

“Daripada Anda hanya jual 5.000 kenapa tidak dengan bungkus yang keren anda bisa lebih mahal menjualnya, contohnya penjual ubi Cilembu di Sumedang,”katanya.

Ridwan Kamil menyampaikan slogannya bahwa ‘packaging is everything‘ yang menggambarkan betapa pentingnya pengemasan dalam sebuah produk sehingga menentukan harga jual.

“Ekonomi nilai tambah inilah yang akan kami rekayasa selama 5 tahun ke depan tegasnya,”. (Tito)

Bagikan: