Pemekaran Jabar Penting, Bukan Sekedar Jadi Lumbung Suara Saja



Bandung, beritainspiratif.com - Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil melakukan serah terima jabatan di halaman Gedung Sate Kota Bandung, Kamis (6/9/2018), dalam kesempatan tersebut Ridwan Kamil menjelaskan beberapa agenda yang akan dilaksanakan. Salah satunya terkait pemekaran wilayah.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Emil ini menyebut ada belasan daerah yang berpotensi dimekarkan, mulai dari Garut Selatan, Cianjur Selatan, sampai Bandung Timur.

pemekaran tersebut, dilakukan demi terciptanya pemerataan diseluruh wilayah Provinsi Jabar, Ridwan Kamil menambahkan jangan sampai Warga Jabar hanya jadi lumbung suara, tapi hak nya kurang terpenuhi.

lebih lanjut, Ridwan Kamil menjelaskan banyaknya daerah dalam satu provinsi mempengaruhi kucuran anggaran dari pemerintah pusat.

ambil contoh Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk lebih sedikit dari Jawa Barat tapi memiliki jumlah kabupaten dan kota yang jauh lebih banyak dari Jawa Barat.

Jawa Timur memiliki 38 kabupaten dan kota dengan 39 juta penduduk, Jawa Tengah memiliki 35 juta penduduk memiliki 35 kota dan kabupaten, sedangkan Jabar memiliki 48 juta penduduk namun hanya memiliki 27 kota dan kabupaten.

Istilahnya, kata Emil, jika satu warga Jatim dibekali pemerintah pusat sebesar Rp 1 juta, maka satu warga Jabar hanya mendapat Rp 600 ribu. Karenanya, pemekaran berbagai daerah di Jabar menjadi agenda penting.

Yanis

Berita Terkait