Melalui Sinergi Fikom Unpad Gelar “2018 ANPOR Annual Conference”



Bandung, Beritainspiratif.com - Asia Networks for Public Opinion Research (ANPOR) di Tahun 2018 melakukan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran menyelenggarakan konferensi tahunan yang ke-6 pada tanggal 28-30 November 2018 di Bandung dan Sumedang.

Konferensi tahunan ini diselenggarakan oleh ANPOR dengan melibatkan universitas, praktisi, serta peneliti di negara-negara Asia-Pasifik yaitu Korea, Cina, Jepang, India, Indonesia, Filipina, Pakistan, Srilanka, Singapura, Burma, Thailand hingga Bangladesh.

ANPOR 2018 Annual Conference akan mencakup topik multi disiplin yang berkaitan dengan studi penelitian opini publik. Sedangkan tema utama dalam konferensi ini adalah “Developments of Media and Public Opinion in Asia" dengan berfokus pada topik yang berkaitan dengan penelitian opini publik mengenai Politik, Big Data, dan Media Sosial.

Konferensi yang diselenggarakan selama tiga hari ini diawali dengan Pre Conference yaitu kegiatan Workshop pada 27 November 2018 di Ruang Auditorium Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Jatinangor dan diisi oleh empat pembicara berkompeten yaitu Dr. Angus Choeng selaku President of Macao Association for Internet Research (MAIR); Prof. Dr.iur. Dr.h.c. Dieter C. Umbach dari Potsdam University, Germany; Prof. Dr. Luo Yunjuan dari School of Journalism and Communication, South China University of Technology; dan Prof. Dr. Sung Kyum Cho selaku Director of The Center for Asian Public Opinion Research & Collaboration Initiative (CAPORCI).

Pada plenary session pada Rabu, 28 November 2018 di Prama Grand Preanger Hotel Bandung diisi oleh Prof. Dr. QIU Jack Linchuan; Prof. Dieter C. Umbach; Dr. Kunto Adi Wibowo; Prof. Dr. Luo Yunjuan; Prof. Dr. Biswajit Das; serta Dr. Brian Bantugan. Keenam pembicara tersebut membahas mengenai public opinion research hingga fake news agenda.

Selain itu terdapat Parallel Session yang diisi oleh para akademisi dan praktisi dari Korea, Cina, Jepang, India, Indonesia, Filipina, Pakistan, Srilanka, Singapura, Burma, Thailand dan Bangladesh.

Topik yang dibahas dalam sesi tersbeut adalah “Health Promotion and Nursing Science; Politics and Public Opinion Research; Mass Communication; Social, Economic and Cultural Issues; Consumer Culture and Market Movements”

Pada kegiatan Main Conference pada Kamis siang, (29/11/2018) Kegiatan dilanjutkan dengan Academic Forum yang diisi oleh pembicara lintas profesi yaitu Ketua BPC Perhumas Bandung N. Nurlaela Arif, Nurul Arifin, Gunadi, serta Walikota Bandung Oded M. Danial dan kegiatan diakhiri Gala Dinner juga Closing Ceremony.

Sebagai penutup dari 2018 ANPOR Annual Conference para peserta akan diajak untuk melakukan City Tour dengan mengelilingi dan menikmati keindahan Kota Bandung menggunakan Bandros.

(Yanis)

Berita Terkait