Kain Koleksi Asli Museum Papua Hadir di Jawa Barat

Bandung, Beritainspiratif.com – Salah satu koleksi kain khas dari provinsi terujung di Indonesia, Provinsi Papua dipamerkan pada gelaran Pameran Kain Nusantara 2018, yang bertajuk Ragam Adiwastra Nusantara, Keragaman Adiwastra Nusantara Pemersatu Bangsa, di Museum negeri Provinsi Jawa Barat Sri Baduga. Bandung (11/10/2018).

Provinsi Papua mengirimkan sejumlah koleksi milik museum negeri Provinsi Papua dan ada pula koleksi milik museum Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua.

Koleksi dari museum negeri Provinsi Papua adalah kain Terfo, dengan jenis yang berbeda – beda. Ada yang bercorak ungu dan bercorak kemerahan dengan tekstur yang terlihat kasar namun tampak kuat.

Sementara itu, koleksi dari museum Kabupaten Sarmi adalah baju kuning, dan kain kotak oranye. Baju Kuning, sesuai dengan namanya berbentuk baju yang di dominasi warna kuning dengan ciri khas seperti baju adat.

Adapun kain kotak oranye berbentuk mirip selendang, dengan arah memanjang dominan warna kuning dengan sedikit garis merah dan aksen hijau tua berpadu dengan kuning gelap. (Tito)

Bagikan: