Era Revolusi Industri 4.0 Lulusan UPI Harus Miliki Soft Skill Sesuai Pasar

Bandung, Beritainspiratif.com – Di era Revolusi Industri keempat atau Revolusi Industri 4.0, lulusan perguruan tinggi harus memiliki soft skill dan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia  (UPI), Prof.Dr HR Asep Kadarohman mengatakan selain memiliki soft skill, lulusan UPI juga harus piawai beradaptasi dengan perubahan dan kemampuan berpikir secara dinamis disamping menguasai bidang keilmuan yang dipelajari.

“Tim revolusi industri 4.0, membutuhkan orang yang memiliki flexibilitas, kemampuan berfikir kritis, kreatif dan soft skill,” ujar Rektor kepada wartawan disela Wisuda gelombang III tahun 2018 di gedung gymnasium UPI jl. Setiabudhi kota Bandung, Selasa (9/10/2018).

Jumlah lulusan yang diwisuda seluruhnya 4.290 orang, terdiri atas D3 (185), S1 (3.435), S2 (613) dan S3 (57). Menurut Rektor, untuk memenuhi tuntutan revolusi industri 4.0, UPI mengembangkan sistem pembelajaran yang inovatif, dan menyesuaikan kurikulum pembelajaran dengan pendekatan human digital.

“Kami telah mengembangkan keahlian berbasis digital dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menguasai data informasi dan teknologi,” ucap Rektor. (Ida)

Bagikan: