Dokter Cantik Asal Ciamis Ini Raih Predikat Dokter Teladan



Bandung, Beritainspiratif.com - Mojang asal kabupaten Ciamis mendapat penghargaan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 54 penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di halaman Gedung Sate Senin (12/11/2018).

Dia adalah dokter Luvita, dokter yang seharai hari bertugas di Puskesmas Sadananya ini meraih juara 2 sebagai dokter teladan se-provinsi Jawa Barat.

Ditemui usai upacara, Dokter Lulu, sapaan akrabnya menjelaskan, sebelumnya sejumlah seleksi telah diikuti itu dari tingkat kabupaten/kota maupun di tingkat provinsi.

"Seleksi itu dilakukan di tingkat kabupaten pesertanya hampir ada dari setiap kecamatan di Ciamis namun hanya beberapa saja yang bisa lolos dan saya yang ikut ke tingkat provinsi," jelasnya.

Adapun di tingkat provinsi seleksi dilakukan salah satunya dengan melakukan presentasi program inovasi yang dipresentasikan oleh dokter Lulu bertajuk "Tilu Kuriling".

"Tilu itu artinya 3 dan kuriling artinya keliling nah saya sebagai dokter satu teman saya petugas promosi kesehatan dan satu lagi petugas kesehatan lingkungan berkeliling mendalami temuan kasus TBC paru," katanya.

Lebih lanjut dokter Lulu menjelaskan setelah ditemukannya kasus TBC paru nanti, lalu dicari tahu dengan siapa pengidap TBC paru tersebut melakukan kontak baik itu kontak orang serumah baik itu kontak dengan teman dekatnya

" Nah kalau kita sudah temukan dengan siapa pengidap ini melakukan kontak kita bisa melakukan pengobatan lebih cepat sebelum kemudian penyakit TBC paru tersebut sebelum menular lebih jauh," jelasnya.

Dikatakan dokter Lulu, program ini yang di presentasikan saat seleksi di tingkat provinsi.

Dirinya mengatakan dengan dinobatkannya sebagai dokter kedua teladan di provinsi Jawa Barat semoga bisa menjadi tanggung jawab untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Tentu dengan dinobatkannya saya sebagai dokter teladan kedua di Jawa Barat Saya bangga tapi juga itu menjadi tanggung jawab lebih agar saya meningkatkan kualitas pengabdian saya kepada masyarakat dalam melayani kebutuhan kesehatan mereka," tandasnya.

(Tito)

Berita Terkait