Bahas Perkembangan Kebudayaan Islam, HMJ SPI UIN Bandung Gelar Seminar International



Bandung, Beritainspiratif.com - Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah Peradaban Islam (HMJ-SPI) UIN Bandung menggelar seminar nasional bertajuk International Conference on Islamic in Asia And Africa (ICICAA) Di Auditorium Taman Budaya Jawa Barat, Jalan Dagi Utara Kota Bandung pada Senin (22/10/2018).

Seminar international tersebut menghadirkan berbagai pembicara, baik dari dalam negri maupun luar negri, para pembicara tersebut yakni, Prof. Dr. Sulasman, M. Hum (UIN Bandung), Dr. Anis Tohir, M.Ag. (UIN Bandung), Dr. Asep Achmad Hidayat, M.Ag. (UIN Bandung),

Prof. Dr. Nurwadjah EQ, M.A. (UIN Bandung),

Endo Suanda (ISBI Bandung), Prof. Dr. Dudung Abdurrahman, M. Hum. (UIN Yogyakarta), Prof. Dr. Herwadi, M.Hum. (Universitas Andalas, Padang), Prof. Dr. Safik A. Mughni, M.A., Ph.D. (UIN Surabaya), Prof. David Reeves (University of South Wales, Australia) serta

Mustofa Husain, M.A (University Al-Azhar, Mesir).

Pantauan Beritainspiratif.com, seminar ini mengusung tema 'History and Development of Islamic Culture in Asia and Africa' dimana para pemateri membahas perkembangan budaya di benua Asia dan Afrika. Dari 700 peserta seminar yang hadir sebagian besar merupakan mahasiswa jurusan Sejarah Peradaban Islam.

Salah satu peserta, Rifdar Maulana,

mengatakan dirinya berharap agar acara tersebut kembali digelar guna mendapatkan ilmu baru khususnya tentang sejarah.

"Acara ini sangat menambah wawasan kita tentang datangnya Islam ke-Nusantaraan, dan sejarah lainya, sehingga perlu kembali digelar agar menambah pengetahuan para mahasiswa, selain dari perkuliahan di kelas," ungkap mahasiswa semester 5 ini.

Selain diisi dengan materi dan persentasi hasil-hasil penelitian, acara ini juga diisi dengan penampilan musik dari mahasiswa SPI serta peringatan Hari Santri Nasional yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.         (Tito)

Berita Terkait