Antisipasi Kecurangan, Tim Pengawas Indipenden ikut Kawal Suara Maman –Jefry



Majalengka,Beritainspiratif.com – Beberapa tim pengawas independen akan memantau penghitungan suara untuk memastikan tidak terjadi kecurangan pada Pilkada Majalengka 2018.

“Tim saksi Maman –Jefry akan dibackup oleh tim –tim independen yang sengaja memantau Pilkada Majalengka. Ini untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan,” kata calon Bupati Majalengka Maman Imanulhaq, Sabtu (26/5).

Menurut Maman Imanulhaq, tim independen tersebut lebih fokus mengawasi proses penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada saat pencoblosan 27 Juni nanti. Sebab, masa paling rawan dalam Pilkada yakni saat penghitungan suara.

“Kalau kita lemah pada saat penghitungan suara, kita bakal dikerjain. Tim pengawas independen ini memperkuat saksi – saksi kita yang ada di tiap TPS,” kata Kang Maman.

Rencananya tim Maman - Jefry akan menempatkan dua orang saksi di tiap TPS. Jumlah TPS pada Pilkada Majalengka sebanyak 2192 unit tersebar di 343 desa, 26 kecamatan.

Terkait penempatan saksi di TPS, ratusan kader partai pengusung Maman – Jefry, Jumat kemarin telah mengikuti training for trainer (TOT) atau pelatihan untuk pelatih saksi, di Kantor DPD PKS Majalengka. Para peserta patihan itulah yang nantinya akan melatih para sasksi di level desa.

Kang Maman juga menuturkan, pihaknya sedang menyiapkan aplkikasi, bekerja sama dengan perguruan tinggi di Jakarta dan Yogjakarta. Aplikasi tersebut bisa mendata secara cepat dan akurat perolehan suara paslon nomor 1, tak lama setelah penghitungan suara di TPS selesai.

“Aplikasi ini akan mentabulasi dengan cepat data perolehan suara di tiap TPS. Ini bagian dari upaya kami untuk mengantisiasi terjadinya kecurangan dengan menggunakan teknologi Informasi,” kata calon bupati termuda itu. (Yones)

Berita Terkait